Jenggot Naga, Bunga Cantik Aneka Warna Auranya Bikin Jatuh Cinta

0

Oleh Bagus SLE

Di masa pandemi, yang gembar-gembornya melumpuhkan ekonomi banyak negara, semakin diperparah oleh musim hujan. Bagi sebagian orang musim hujan adalah berkah. Di antaranya, para petani, pemilik depot bunga, karena tidak perlu lagi menyiram tanaman mereka. Termasuk yang meraup keuntungan di musim hujan ini adalah pemilik cucian mobil atau motor.

Bicara tentang bunga, sekarang tanaman cantik ini lagi trend-trendnya. Bunga-bungaan ini, bisa dikatakan penyelamat ekonomi bagi beberapa orang. Seperti masyarakat yang berdiam di sekitar pegunungan. Mereka mendapatkan sumber pendapatan baru, di saat harga komoditi pertanian sedang tidak baik.

Tanaman-tanaman unik dari dalam rimba lebat mulai diburu. Keunikan daun, bunga, ataupun batang menjadi andalan para penghobi tanaman hias untuk menjadikan koleksi.

Aneka jenis talas-talasan yang selama ini hanya dilewatkan saja, kini menjadi incaran. Tanaman mini seperti Anggrek Permata yang memiliki daun sangat cantik dengan berbagai jenis dan motif juga termasuk target buruan.

Ada satu tanaman lagi yang bakal menjadi primadona para kolektor tanaman ataupun siapa saja yang menyukai keindahan tanaman. Yaitu Bunga Kelelawar atau ada juga yang menyebutkan dengan bunga Jenggot Naga.

Masih asing bagi ditelinga. Selain memang belum sepopuler aglonema, kaktus ataupun mawar. Tapi soal keindahan dan daya tarik, Bunga Kelelawar atau Jenggot Naga ini lebih istimewa dari tiga jenis bunga tersebut.

Tanaman dengan warna daun hijau ini sekilas mirip dengan sayur sawi pahit. Warna pada batang dan tangkai daun berbeda-beda. Warna pada tangkai ini menjadi penanda warna bunga yang dihasilkan.

Batang dan tangkai daun keunguan adalah ciri bunga dengan warna coklat kehijauan. Tangkai daun hijau memiliki bunga warna maroon keunguan, sedikit ungu. Daun dengan hijau terang pemilik warna bunga hitam keunguan. Dan untuk bunga berwarna putih, memiliki tangkai daun agak pucat.

Pada setiap bunga memiliki surai yang menjuntai ke bawah delapan helai pada sisi kiri dan kanan. Surai inilah menjadi penyebab pemberian nama Jenggot Naga oleh penduduk lokal. Sedangkan penampilannya sekilas seperti Kelelawar.

Dalam satu tangkai bunga memiliki kelopak utama berjumlah empat. Tiga di atas, satu di bawah. Kelopak utama ini menjadi latar belakang beberapa bunga yang menjadi bakal buah, yang juga memiliki kelopak.

Jumlah kelopak pada bunga inti berbeda beda. Untuk bunga berwarna agak terang, memiliki kelopak 5 helai, dan 6 helai pada bunga berwarna yang lebih gelap. Bunga calon buah ini menggantung di tangkai kurang lebih 2 cm.

Memandang keutuhan dari bunga yang menyerupai kepala naga atau mirip-mirip Kelelawar ini, bagai ada aura magis yang membuat penikmatnya memandang tanpa bosan, lalu jatuh cinta.

Sangat wajar jika harga bunga dewasa yang sudah berbunga dan berbuah dibanderol dengan harga hingga 1,5jt rupiah pada salah satu forum jual beli ternama di Indonesia. . Selain indah dan seakan memiliki misteri, bunga ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya bisa membunuh sel ganas pada beberapa penyakit kanker.

Di Bengkulu sendiri bunga unik ini masih sangat langka yang mengoleksi. Depot-depot bunga juga belum terlihat ada yang menjual. Selain belum populer, harganya termasuk Mahal.

Tapi, jika anda ingin memiliki bunga cantik dan magis ini, bisa menghubungi saudara Ibnu di Kedutaan Republik SLE Liku Sembilan Gunung, jalan raya Bengkulu -Kepahiang. Atau bisa ke nomor WA 081312495877.

Di depot bunga kecil-kecilan ini sangat mural. Harga bunga Jenggot Naga dewasa (sudah berbunga dan berbuah) hanya Rp 250rb (bisa nego). Remaja yang sudah siap berbunga Rp 75rb. Sedangkan untuk anakan dipatok pada harga Rp 35rb.

Selain Jenggot Naga, depot mini ini juga menjual aneka jenis Anggrek Permata (Jewel Orchid), berbagai jenis Anggrek Vanda, juga tanaman-tanaman unik lainnya.

Jika anda adalah penghobi tanaman unik dan langka, ada saran menarik, segeralah memulai mengoleksi Jenggot Naga atau Bunga Kelelawar. Mumpung harganya di Bengkulu masih sangat murah. Bunga ini akan membuat iri saingan anda, ataupun tetangga yang datang bertamu.

Sangat cocok menghias teras, ruang tamu, atau kantor anda.

Share.

Leave A Reply

setPostViews(get_the_ID()); echo getPostViews(get_the_ID());