Apresiasi Seniman, Cawabup Rahmadi Resmikan Kuda Lumping Desa Talang Gading

0

Mukomuko, wordpers.id – Peresmian Kesenian Budaya kuda Lumping Tri Krido Budoyo Desa Talang Gading kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko di buka langsung oleh Calon Wakil Bupati (Cawabup) Mukomuko Rahmadi AB. Pada hari jumat 10/9/2020.

Di tengah perkembangan zaman dan teknologi, kesenian kuda lumping yang merupakan budaya lokal berupa tarian rakyat ternyata masih tetap lestari. Bukan hanya di pulau Jawa daerah asalnya, tetapi kesenian rakyat itu pun ternyata tetap lestari di tanah Sumatera, hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya pagelaran seni kuda lumping oleh warga Kecamatan Sungai Rumbai, Desa Talang Gading.

Dalam peresmian tersebut turut hadir tokoh masyarakat sekita dan juga beberapa anggota Dewan Mukomuko serta ikut memeriahkan pula kuda Lumping Rekso Budoyo dari Tirta Mulya.

Sutarji yang sekaligus ketua kebudayaan seni kuda lumping dalam sambutannya ingin mengajak masyarakat Desa Talang Gading untuk memajukan Kesenian Kebudayaan ini.

“Tujuan seni kuda lumping ini guna menyambung silaturahmi dan turut serta memajukan kesenian budaya kita agar tidak punah,” ujar sutarji.

Plt Kades talang gading Sujono juga meyampaikan supaya masyarakat dalam acara ini harap tertip dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan sesuai anjuran pemerintah, tuturnya.

Sementara itu calon Wakil Bupati dan juga ketua Partai Nasdem Kabupaten Mukomuko, Rahmadi AB yang memberi kesempatan hadir dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi kegiatan kesenian ini dan pada dasarnya manusia membutuhkan senidalam kehidupan sehari hari.

 “Kesenian merupakan salah satu ajang untuk pelestarian kebudayaan, salah satunya Kuda Lumping yang menjadi warisan budaya leluhur milik Indonesia,” ungkap Rahmadi.

“Pada dasarnya manusia itu membutuhkan seni, menikmatinya dan melakukannya, dalam hal apapun. Saya apresiasi kepada pelaksana Kesenian yang telah menyelenggarakan kegiatan pagelaran seperti ini dengan menggandeng paguyuban, sanggar dan juga komunitas seni. Hal seperti ini saya harap dapat terus ditingkatkan,”  imbuhnya.

Disela sela acara, Rahmadi AB juga meminta Doa restu dalam pencalonannya di Pilkada Kabupaten Muko muko supaya dirinya memenangkan pemilu kada ini berdampingan dengan Choirul Huda.

Secara terpisah Anggota DPRD Kabupaten Mukomuko dari partai Nasdem, suwarno juga nengajak untuk meyukseskan pilkada ini dengan sejuk dan Damai.

“Kita patut bersyukur bisa Bersilaturahmi lewat kesenian budaya ini, saya juga mengajak seluruh kader partai Nasdem dan warga Gading Jaya untuk memenangkan pasangan Choirul Huda dan  Rahmadi AB dengan menciptakan Pemilu damai tanpa keributan. (Ed/Zul)

Share.

Leave A Reply

setPostViews(get_the_ID()); echo getPostViews(get_the_ID());